Penerapan Meteode Card Sort Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V Pada Pelajaran Al-Qur’an Hadits

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen penelitian yang dipakai dalam penelian ini adalah lembar observasi dan catatan lapangan digunakan untuk memperoleh data atauinformasi yang berkaitan dengan situasi kelas yang tidak tercantum dalam lembar observasi.Dalam penelitian ini catatan lapangan digunakan untuk mengamati hal-hal yang terjadi didalam kelas selam penerapan metode pembelajaran card sort. Hasil penelitian menunjukkanbahwa pada siklus I rata-rata keaktifan siswa sudah menunjukkan kategori tidak aktif dengan nilai 46,66% . Selanjutnya pada siklus II rata-rata keaktifan siswa sudah menunjukkan kategori  cukup aktif dengan nilai 60%, akan tetapi pada siklus ini masih perlu dilakukan perbaikan sehingga peneliti menggunakan siklus III, Pada siklus III rata-rata keatifan siswa sudah menunjukkan angka 80% kategori aktif. Dengan demikian, metode pembelajaran Card Sort dapat direkomendasikan kepada guru dalam melaksanakan pembelajaran.