Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa di Madrasah Tsanawiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran matematika siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah Nangapanda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasi. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket, dan dokumentasi. Dalam menjawab sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel berjumlah 22 orang dalam satu kelas yaitu kelas VII. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi pearson product moment, diperoleh koofisien korelasi r = 0.426 dan hubungannya tergolong dalam kategori cukup. Hal tersebut menunjukkan bahwa diterima dan ditolak karena atau , sehingga dapat dikatakan diterima dan ditolak dengan besar sumbangan yang diberikan kecerdasan emosional terhadap keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran matematika hanya 18.14%. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran matematika tetapi dalam kategori cukup, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran matematika siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah Nangapanda tahun pelajaran 2021/2022.