Analisis Kelayakan Video Pembelajaran Matematika SMP Kurikulum 2013 Materi Bangun Ruang Sisi Datar Pada Platform Youtube
Abstract
Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan video pembelajaran matematika SMP Kurikulum 2013 materi bangun ruang sisi datar pada platform youtube. Batasan dalam penelitian ini adalah telaah kelayakan video pembelajaran dari aspek isi, aspek penyajian, aspek bahasa, dan aspek grafika. Subyek dalam penelitian ini adalah video pembelajaran matematika SMP Kurikulum 2013 materi bangun ruang sisi datar dari 8 channel youtube yang dipilih menggunakan teknik sampling yaitu teknik purposive sampling. Teknik purposive sampling ini digunakan untuk memilih video berdasarkan waktu diunggahnya video tersebut. Video-video tersebut kemudian di validasi oleh 3 orang guru matematika. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar telaah kelayakan video pembelajaran dan lembar alasan penilaian kelayakan video oleh responden. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah tingkat kelayakan video secara keseluruhan yakni video pembelajaran dari 3 channel youtube dikategorikan “Sangat Layak” dan video pembelajaran dari 5channel youtube dikategorikan “Layak” dijadikan media pembelajaran meskipun masih terdapat penilaian kurang baik pada beberapa indikator penilaian. Hal tersebut menunjukkan bahwa video pembelajaran matematika SMP Kurikukum 2013 materi bangun ruang sisi datar yang terdapat pada platform youtube masih memerlukan perbaikan kedepannya.