Perbedaan gender dalam pembelajaran matematika: studi kesalahan pemecahan masalah berdasarkan Newmann Error Analysis

Abstract

Abstrak Kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika khususnya pada soal cerita dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan adalah perbedaan gender. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika topik pecahan ditinjau berdasarkan gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini melibatkan 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan kelas VII MTs. NW Bagik Polak Lombok Barat. Instrumen yang digunakan adalah tes, rubrik penilaian kesalahan dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Newman Error Analysis (NEA). Penelitian ini menemukan bahwa siswa laki-laki dan perempuan mengalami jenis kesalahan yang hampir sama. Namun, siswa perempuan masih ditemukan kesalahan membaca (Reading Error), sedangkan pada siswa laki-laki tidak ditemukan kesalahan jenis tersebut. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan bagi guru dalam merancang pembelajaran dan memberikan dampingan pada siswa yang mengalami kesulitan dalam pemecahan masalah matematika.