Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self-Confidence Siswa Madrasah Tsanawiyah di Mataram, Indonesia
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self-confidence siswa kelas VIII MTs Assalam Mataram. Jenis penelitian kualitatif deskriptif memilih 3 subjek penelitian dari 22 siswa kelas VIII yang memiliki kategori self-confidence tinggi, self-confidence sedang dan self-confidence redah. Data dikumpulkan menggunakan instrument angket self-confidence, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis materi lingkaran, dan wawancara. Tehnik analisis data di lakukan dengan cara pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dan pengecekan keabsahan data menggunakan credibiality, triangulasi tehnik, transferbility,dependability dan confirmability. Hasil peniltian adalah kategori siswa self-confidence tinggi adalah 2,30%, untuk tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kriteria tinggi menunjukkan secara umum mampu memenuhi semua indikator pemecahan masalah, kategori self-confidence sedang adalah 59,6%, untuk tes kemampuan pemecahan masalah matematis kriteria sedang menunjukkan hanya mampu memenuhi tiga indikator kemampuan pemecahan masalah, dan katagori self-confidence rendah adalah 38,1%, untuk tes kemampuan pemecahan masalah matematis menunjukan kemampuan pemecahan masalah hanya memenuhi 1 indikator.