Kemampuan komunikasi matematis mahasiswa berdasarkan gender dan gaya kognitif
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa berdasarkan gender dan gaya kognitif. Peneliti melibatkan 97 mahasiswa pada salah satu perguruan tinggi di Kota Mataram. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk essay yang terdiri dari 4 soal dan tes Group Embedded Figure Test (GEFT) untuk mengidentifikasi gaya kognitif mahasiswa. Analisis data menggunakan two away ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis mahasiswa perempuan mengungguli kemampuan laki-laki. Karakteristik yang teratur dan teliti serta kemampuan verbal yang lebih baik, mendukung mahasiswa perempuan dalam menyampaikan kembali konsep matematis dalam menyelesaikan masalah. Perbedaan gaya kognitif memberikan kemampuan komunikasi matematis yang berbeda pada mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independent memiliki kemampuan kemunikasi matematis yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependent. Perbedaan karakteristik dalam mengelola informasi dan mengindentifikasinya merupakan aspek dari gaya kognitif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi dalam mempertimbangkan faktor internal yang ikut dalam mempengaruhi kemampuan bermatematika, khususnya kemampuan komunikasi matematis.