Pengembangan E-Modul Berbasis Keseimbangan Otak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Geometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis keseimbangan otak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi barisan dan deret geometri. Pengembangan e-modul ini menggunakan metode Whole Brain Teaching (WBT) yang merupakan salah satu metode keseimbangan otak. Aplikasi yang digunakan dalam pengembangan e-modul yaitu Microsoft Office Word dan Flip PDF Profesional. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu fase pendahuluan (Preliminarity Phase), fase Pengembangan atau prototipe (Development or Prototype Phase), dan fase penilaian (Assesment Phase). Instrumen yang digunakan dalan penelitian ini adalah lembar validasi, lembar kepraktisan dan instrumen Uji N Gain untuk melihat keefektifan e-modul. Hasilnya adalah uji validasi yang dilakukan oleh enam orang validator ahli media dan materi memperoleh nilai rata-rata 94,77% dan dikategorikan sangan valid. Hasil uji kepraktisan e-modul yang dilakukan kepada guru dan siswa memperoleh nilai rata-rata 91,3% dan dikategorikan sangat baik. Berdasarkan uji N Gain yang dilakukan di kelas X.3 SMAN 1 Darma yang berjumlah 23 orang siswa memperoleh hasil rata-rata pretest sebesar 43,26 dan hasil rata-rata posttest sebesar 78,47 sehingga diperoleh nilai N Gain sebesar 0,62 dan keefektifan e-modul dikategorikan sedang.