Pengembangan E-Modul Berbantu Digital Software dalam Materi Bentuk Aljabar di Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa E-Modul pada materi bentuk aljabar untuk mempermudah proses pembelajaran siswa. E-Modul menyediakan informasi tanpa batas waktu, sehingga tercapai pembelajaran yang menarik, efektif, efesien dan berdaya guna. Penelitian berjenis research and development (R&D) berdasarkan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Jonggat. Data penelitian ini diperoleh dengan tehnik obsevasi, wawancara, dan angket. Hasilnya adalah uji coba lapangan yang diikuti oleh 25 siswa kelas VII A mendapatkan kategori sangat menarik dengan nilai rata-rata 3.53 dan dari 25 siswa kelas VIIB mendapatkan kategori penliaian sangat menarik dengan nilai rata-rata 3.5 dari 4.00 skor maksimum. Dengan kesimpulan e-modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran yang kekinian.