Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Mata Pelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari disposisi matematis siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Darul Hikmah Karang Genteng, Pagutan, Mataram. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII berjumlah 18 orang. Data kemampuan pemecahan masalah dikumpulkan melalui wawancara kepada 2 siswa dengan disposisi matematis tinggi, 2 siswa dengan disposisi matematis sedang dan 2 siswa dengan disposisi matematis rendah. Hasilnya adalah disposisi matematis siswa kelas VIII SMP Darul Hikmah terbagi menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Siswa dengan disposisi matematis tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tinggi karena, mampu memenuhi keempat indikator pemecahan masalah menurut teori Polya yaitu, memahami masalah, merencanakan penyelesaian, penyelesaian masalah dan memeriksa kembali. Untuk siswa dengan disposisi matematis sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sedang karena, memenuhi tiga indikator pemecahan masalah menurut teori Polya yaitu, memahami masalah, penyelesaian masalah dan memeriksa kembali. Sedangkan untuk siswa dengan disposisi matematis rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah karena, hanya memenuhi dua indikator pemecahan masalah menurut teori Polya yaitu penyelesaian masalah dan memeriksa kembali.