Efektivitas Pembelajaran Stem Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran STEM terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen dengan bentuk one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini siswa kelas XB MA Tarbiyatul Mustafid yang berjumlah 25 siswa. Teknik sampling pada penelitian ini dilakukan dengan cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah tes, dokumentasi dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t berpasangan (paired sample t-test). Hasil uji-t berpasangan bahwa Ho ditolak yang menunjukan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sesudah diberikan pembelajaran STEM lebih tinggi daripada sebelum diberikan sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran STEM efektivitas terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.