Peningkatan Literasi Siswa Melalui Kampus Mengajar
Abstract
Dalam upaya mengatasi rendahnya kemampuan literasi siswa di Indonesia, Kemendikbudristek mengadakan program Kampus Mengajar yaitu mengirimkan mahasiswa terpilih ke SD/SMP dengan tujuan membantu empat hal, yaitu literasi, numerasi, adaptasi teknologi dan administrasi. Salah satu sasaran program Kampus Mengajar 3 yaitu SMPN 1 OKU di Sumatera Selatan, yang dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan dimulai sejak Maret sampai Juni 2022. Bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa dalam mengikuti tes PISA. Metode yang diterapkan adalah bervariasi dan terdiri atas tiga tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Evaluasi atas kegiatan ini adalah kegiatan sharing session dan pelaksanaan test. Peserta pelatihan tersebut adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 dengan mengikuti Pre-Test dan Post Test literasi-numerasi melalui aplikasi AKM Kelas untuk mengevaluasi kemampuan akhir yang berhubungan dengan literasi-numerasi siswa. Dalam pelaksanaan post-test, siswa sangat antusias untuk mengikuti tes. Secara keseluruhan, siswa yang mengikuti pelatihan literasi-numerasi mengalami peningkatan kemampuan yang signifikan.