Pendampingan Lembaga PAUD di Desa Bugis Kabupaten Bima Saat Masa Pandemi: Kegiatan Belajar Mengajar dan Sosialisasi Covid-19

Abstract

Kemunculan pandemi Covid-19 membarikan dampak yang sangat signifikat terhadap kehidupan masyarakat, termasuk pelaksanaan pendidikan anak usia dini. Pengabdian ini diinisiasi karena melihat kondisi masyarakat yang sangat kebingungan dengan sistem pembelajaran yang sangat berbeda dari kondisi normal yang selama ini dilakukan, sehingga perlu adanya pendampingan, baik untuk guru di sekolah maupun untuk orang tua yang ada di rumah karena sistem pembelajaran yang menggunakan sistem belajar dari rumah. Metode yang digunakan terdiri dari beberapa tahap, yaitu: survey/observasi awal, berkunjung ke rumah warga untuk sosialisasi kegiatan, pelaksanaan pengabdian, konsultasi dan pembelajaran di sekolah dan di rumah, dan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa guru di lembaga PAUD sangat terbantu dengan keberadaan mahasiswa yang melaksanakan pengabdian dengan membantu pelaksanaan pembelajaran, sosialisasi hidup sehat di masa pandemi, dan pendampingan terhadap orang tua untuk memastikan pelaksanaan pembelajaran di rumah berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan oleh guru.