Analisis Kesalahan Penerapan Kaidah Khaṭ Naskh dalam Tugas Mata Kuliah Khath di STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan penerapan kaidah Khaṭ Naskh yang dilakukan mahasiswa STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya dalam tugas mata kuliah Khath, serta menganalisis faktor-faktor penyebab dari kesalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan teori analisis kesalahan. Setelah melakukan pengamatan terhadap tugas-tugas yang dikerjakan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya pada mata kuliah Khath maka peneliti menemukan berbagai kesalahan dalam kaidah Khaṭ Naskh. Kesalahan-kesalahan tersebut sering terjadi dan terus berulang dari satu generasi ke generasi. Melalui penelitian ini diharapkan dapat diketahui pola-pola kesalahan yang sama sehingga dapat menjadi poin perhatian baik bagi dosen pengampu mata kuliah Khath, maupun mahasiswa yang akan mempelajari mata kuliah tersebut. Sehingga kesalahan-kesalahan tersebut dapat diminimalisir atau bahkan tidak terulang di kemudian hari. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kesalahan kaidah mencakup 4 hal: a) huruf-huruf yang seharusnya di atas garis namun ditulis di bawah garis, b) huruf-huruf yang seharusnya memotong garis namun ditulis di atas garis, c) kesalahan dalam membentuk huruf sesuai kaidah, dan d) kesalahan dalam penulisan harakat yang semestinya. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan tersebut adalah a) kurangnya praktik dan latihan, b) kesalahan dalam memegang pena, c) kurangnya perhatian mahasiswa saat pembelajaran, dan d) kurangnya perhatian mahasiswa terkait garis patokan penulisan.