Hubungan Antara Hasil Belajar Akidah Akhlak Dengan Self Control Siswa MAN 2 Cilacap

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembelajaran akidah akhlak yang bertujuan untuk membentuk perilaku siswa dari negatif menjadi positif. Perkembangan zaman yang tidak terbendung telah menimbulkan banyak dampak bagi siswa, salah satunya adalah rendahnya pengendalian diri yang akan membuat siswa melakukan tindakan-tindakan negatif yang tidak sesuai dengan norma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar akidah akhlak dengan pengendalian diri siswa kelas XI MAN 2 Cilacap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi 460 yang akan menggunakan 115 responden dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan 4 metode yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Data penelitian yang telah terkumpul kemudian diolah dan dianalisis. Dari dua variabel yang ada yaitu variabel X (hasil belajar nilai akidah akhlak) yang menunjukkan nilai rata-rata 82,49 dan termasuk dalam kategori cukup baik. Sedangkan variabel Y (pengendalian diri) yang menunjukkan nilai rata-rata 79,73 dan termasuk dalam kategori baik. Pengujian hipotesis dianalisis menggunakan SPSS Versi 25 dengan rank Spearman. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara hasil belajar akidah akhlak dengan pengendalian diri siswa kelas XI MAN 2 Cilacap. Hal ini terlihat berdasarkan hasil uji korelasi yang menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,259 dengan signifikansi (2-tailed) sebesar 0,005 pada 115 sampel penelitian dengan rtabel sebesar 0,183. Artinya, antara hasil belajar akhlak dan pengendalian diri terdapat hubungan yang signifikan dengan arah hubungan positif (+) atau searah, dengan tingkat korelasi yang rendah.