Efektivitas E-Modul PAI dan Budi Pekerti dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Kelas VII SMP IT Ar-Rochman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas e-modul PAI dan budi pekerti dalam meningkatkan minat baca siswa dan faktor pendukung serta penghambat minat baca terhadap e- modul di SMP IT Ar-Rochman Salaman. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP IT Ar-Rochman, Salaman tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive atau pertimbangan tertentu dari peneliti dan dilanjutkan dengan random sampling dengan teknik pengambilan subjek yang memperoleh hasil tinggi (upper), sedang (middle), dan rendah (lower). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen utama (peneliti sendiri) dan instrumen pendukung (soal tes, angket, dan wawancara). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul efektif dalam meningkatkan minat baca siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan antara hasil tes siklus 1 dan siklus 2 yaitu dari persentase 92,22% ke 99,26%, kemudian dari hasil angket siswa sangat setuju bahwa e-modul dapat meningkatkan minat baca siswa dengan persentase 59,10%, dan dari hasil wawancara, siswa lebih tertarik proses pembelajaran menggunakan e-modul daripada buku biasa. Faktor yang menjadikan daya tarik minat baca adalah proses pembelajaran dengan e-modul, karena siswa lebih tertarik dengan hal-hal yang tidak monoton, sedangkan faktor yang menjadi penghambat siswa enggan baca buku karena buku dikemas dengan monoton tanpa disertai dengan gambar, tulisan, dan warna yang menarik.