Indonesia Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif

Abstract

Kepala sekolah merupakan salah satu faktor kunci dalam menentukan terwujudnya pendidikan yang bermutu. Kepala sekolah berfungsi sebagai pengelola dan pemimpin pendidikan lembaga sekolah. Manajemen dan kepemimpinan yang efektif membutuhkan kepala sekolah yang menyadari modeling dan ditunjukkan oleh karakteristik seperti pengaruh ideal, inspiratif, motivasi, rangsangan intelektual dan pertimbangan individual. Mereka harus memberdayakan staf pengajar, bekerja berdasarkan kerangka waktu yang jelas, menjalin hubungan interpersonal, mengembangkan adil dan prinsip akuntabilitas, dan mampu bekerja dalam tim. Kepala sekolah merupakan salah satu faktor kunci dan penting dalam menciptakan sekolah yang efektif. Kepala sekolah yang efektif sebagai berikut: a) memiliki visi yang kuat tentang masa depan sekolahnya, b) memiliki harapan tinggi, c) memastikan pembelajaran berjalan efektif. d) pemanfaatan waktu secara efisien dan meminimalisasi stres dan konflik negatif. e) mendayagunakan berbagai sumber belajar, f) memanfaatkan informasi untuk mengarahkan perencanaan pembelajaran. g) melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkesinambungan. Kata Kunci: Kepemimpinan, Super visi, Manajerial