PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE BERNUANSA ISLAMI PADA MATA KULIAH ANALISIS KOMPLEKS
Abstract
Dengan pesatnya perkembangan teknologi, pembelajaran analisis kompleks menjadi sangat penting dalam mengikuti arus kemajuan teknologi, namun sering terabaikan. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran interaktif seperti video yang diintegrasikan dengan kecerdasan buatan untuk memvisualisasikan materi teoritis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan desain video pembelajaran, (2) menjelaskan kualitas validitas hasil pengembangan video pembelajaran oleh para ahli dan uji coba produk, dan (3) menilai keefektifan video pembelajaran. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE, yang melibatkan lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Video pembelajaran analisis kompleks dinilai valid oleh para ahli media, dengan produk yang mendapatkan penilaian baik dalam aspek tampilan (85%), kemudahan penggunaan (65%), dan penyajian materi (70%). Berdasarkan penilaian ahli materi, produk juga dinilai baik dalam hal kesesuaian materi ajar (55%) dan keruntutan materi (85%). Sementara itu, penilaian dari ahli bahasa menunjukkan bahwa produk memiliki kesesuaian bahasa yang tinggi (90%), dan juga mendapat penilaian baik dalam ketepatan pengucapan audio (70%) serta pemilihan bahasa (80%). Dari hasil validasi dan penilaian para ahli, serta uji coba pada kelompok kecil dan besar, dapat disimpulkan bahwa pengembangan video berbasis kecerdasan buatan untuk mata kuliah analisis kompleks layak digunakan.