MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN BERKUALITAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA’ARIF NU 1 TUNJUNGMULI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian sumber daya manusia dalam mewujudkan pembelajaran berkualitas di MI Ma’arif NU 1 Tunjungmuli. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Tempat penelitian adalah di MI Ma’arif NU 1 Tunjungmuli. Dalam penelitian ini, dengan subjek penelitian ketua yayasan, kepala madrasah, para guru, dan karyawan, serta komite madrasah. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perencanaan sumber daya manusia dalam mewujudkan pembelajaran berkualitas di MI Ma’arif NU 1 Tunjungmuli dilakukan setiap awal tahun selalu membuat susunan pendidik untuk para siswa; (2) pengorganisasian sumber daya manusia dalam mewujudkan pembelajaran berkualitas di MI Ma’arif NU 1 Tunjungmuli dilakukan dengan mengadakan kumpulan (rapat) dengan para pendidik, tanpa ada organisasi pendidik; (3) pelaksanaan sumber daya manusia dalam mewujudkan pembelajaran berkualitas di MI Ma’arif NU 1 Tunjungmuli sudah berjalan baik karena merupakan sebuah rutinitas; dan (4) pengendalian sumber daya manusia dalam mewujudkan pembelajaran berkualitas di MI Ma’arif NU 1 Tunjungmuli dapat dikatakan cukup baik, pengendalian juga dilakukan dengan melakukan evaluasi SDM madrasah.