KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA PERUBAHAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kemampuan kepala madrasah dalam mengelola perubahan dan pengembangan pembelajaran; serta faktor pendukung kepala madrasah dalam menjalankan tugasnya dalam mewujudkan pembelajaran berkualitas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Tempat penelitian adalah di MI Muhammadiyah Kecepit Punggelan, Banjarnegara. Dalam penelitian ini, dengan subjek penelitian kepala madrasah, para guru, wali siswa, dan komite madrasah. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan kepala MI Muhammadiyah Kecepit Punggelan, Banjarnegara dalam mengelola perubahan dan pengembangan madrasah yaitu peka terhadap perubahan; tidak cepat merasa puas; mampu mencari peluang; memiliki semangat perubahan; memperbaiki pengelolaan pembelajaran; meningkatkan profesionalisme guru; dan meningkatkan pelayanan madrasah. (2) faktor pendukung kepala MI Muhammadiyah Kecepit Punggelan, Banjarnegara dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin perubahan yaitu lingkungan madrasah yang strategis; peran serta orang tua/wali siswa yang baik; memiliki sumber daya manusia pendidikan yang kompeten; dan budaya madrasah yang mendukung efektivitas kerja.