STRATEGI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HASIL BELAJAR MAHASISWA DI INSTITUT AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA (IAINU) KEBUMEN
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan tentang strategi pengelolaan pembelajaran dalam meningkatkan kualitas hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen, pada bulan September 2023 sampai dengan Februari 2024. Informan dalam penelitian adalah ketua program studi, dosen, dan mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi perencanaan pembelajaran dilakukan oleh para dosen dengan membuat silabus dan rencana pembelajaran semester, serta menyusun materi pembelajaran. (2) strategi pelaksanaan pembelajaran dilakukan oleh para dosen meliputi kegiatan pendahuluan (apersepsi), kegiatan inti (meliputi ekplorasi, elaborasi dan konfirmasi) dan kegiatan akhir/penutup. Dosen menerapkan berbagai model, metode, strategi pembelajaran yang variatif, selain itu juga menggunakan media pembelajaran yang tepat guna. (3) strategi evaluasi pembelajaran dilakukan oleh dosen dengan melakukan sistem penilaian proses dan hasil, yang mencakup aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. Ketua program studi juga melakukan supervisi akademik secara berkala untuk membantu peningkatan kinerja dosen dalam proses pembelajaran.