Implementasi Manajemen Risiko dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di SMA Al-Ihsan Cimencrang
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi konsep dan implementasi manajemen risiko dalam konteks pendidikan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa di SMA Al-Ihsan IBS Cimencrang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Ihsan Cimencrang Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen risiko di SMA Al-Ihsan Cimencrang dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman dan produktif. Hal itu ditandai dengan lebih kondusif nya penggunaan sarana dan prasana sekolah dalam kegiatan pembelajaran, terorganisirnya para siswa dalam proses pembelajaran dan meningkatkan efektivitas para guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Dengan mengidentifikasi risiko yang mungkin terjadi dalam proses belajar, sekolah dapat merencanakan tindakan mitigasi yang tepat dan mengembangkan keterampilan adaptasi yang diperlukan untuk siswa dapat mengoptimalkan potensi mereka, mengatasi tantangan dalam belajar, dan mencapai hasil belajar yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan implementasi manajemen risiko di SMA Al-Ihsan IBS Cimincrang dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran sudah berjalan dengan optimal dibuktikan dengan adanya strategi yang diterapkan sehingga hasil pembelajaran siswa lebih memuaskan dengan adanya kegiatan pembelajaran yang efektif. Namun, kegiatan pengelolaan manajemen risiko di SMA Al-Ihsan Cimencrang ini belum menyeluruh dalam pelaksanaan nya, karena hanya Kepala Sekolah dan beberapa bagian yang terlibat dalam kegiatan pengelolaan manajemen risiko ini. Hasil penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya integrasi dan implementasi manajemen risiko dalam strategi pendidikan untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa di sebuah lembaga pendidikan.