Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Profesionalisme Guru terhadap Manajemen Penilaian Pembelajaran PAI SMP Negeri di Kabupaten Wonosobo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  latar belakang pendidikan  dan profesionalisme Guru Terhadap Manajemen Penilaian Pembelajaran Pendidikan agama Islam SMP Negeri di kabupaten Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini adalah guru agama Islam SMP Negeri di kabupaten Wonosobo yang berjumlah 107 orang. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 40 guru yang ditentukan dengan cara random sampling secara acak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket yang digunakan untuk mengungkapkan variabel latar belakang pendidikan, profesionalisme guru dan manajemen penilaian pembelajaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif. Untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan dan profesionalisme guru terhadap manajemen penilaian pembelajaran menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 20. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus regresi linier, dapat disimpulkan bahwa: (1) 29 atau 72,5% guru  agama memiliki latar belakang pendidikan agama Islam pada kategori sesuai signifikansi 0,018 sumbangan efektifitas sebesar 12,4%. 2) Profesionalisme guru agama SMP Negeri di kabupaten Wonosobo 28 atau 70% bernilai signifikansi 0,000 sumbangan efektif sebesar 62,7 %. (3) Manajemen penilaian pembelajaran 31 atau 77,5% sangat baik (4)Terdapat pengaruh antara latar belakang pendidikan dan profesionalisme guru terhadap manajemen penilaian pembelajaran agama Islam, dengan nilai signifikansi 0,000 secara bersama berpengaruh  75,1%.