Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri

Abstract

Strategi promosi merupakan serangkaian rencana atau tindakan yang dilakukan untuk mempengaruhi konsumen dengan mengenalkan sebuah produk agar konsumen tertarik untuk melakukan pembelian. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan rancangan penelitian fenomenologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana strategi promosi penerimaan mahasiswa baru di lingkungan kampus IAIN Kerinci Provinsi Jambi, Tahun Akademik 2023-2024. Adapun informan dalam penelitian ini terdiri dari empat orang yaitu Kepala Bagian Umum Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama dan tiga orang staf. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan anatara lain: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui uji kredibilitas, dependabilitas, serta konfirmabilitas. Hasil penelitian ini adalah untuk strategi promosi yang dilakukan yaitu melalui media sosial, website, kelender, spanduk dan sosialisasi langsung ke sekolah dengan melibatkan mahasisawa. Dalam strategi promosi ada beberapa cara yang digunakan yaitu seperti membuat brosur yang menjelaskan informasi mengenai kapan pendaftaran dibuka serta memanfaatkan website kampus. Untuk jalur pendaftaran di IAIN Kerinci terdiri dari tiga jalur yaitu; (1) SPAN PTKIN adalah jalur prestasi masuk ke UIN/IAIN/STAIN yang ada di Indonesia salah satunya IAIN Kerinci; (2) UM PTKIN adalah jalur tes masuk ke UIN/IAIN/STAIN yang ada di Indonesia salah satunya IAIN Kerinci; (3) Jalur mandiri adalah kesempatan terakhir untuk bisa masuk ke IAIN Kerinci.