Korelasi Intensitas Bimbingan Pembimbing Akademik Dengan Indeks Prestasi Mahasiswa di STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang

Abstract

Manusia dalam hal ini adalah mahasiswa/mahasiswi STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang Daya. Membutuhkan bantuan berupa pelaksanaan kegiatan bimbingan yang dilakukan secara berkesinambungan agar dapat memahami dirinya sendiri sehingga dapat bertindak sesuai dengan tuntunan dan keadaan lingkungan dalam keluarga, pendidikan, dan masyarakat. Dalam dunia kampus mahasiswa dituntut untuk berkopotensi dalam memperoleh prestasi akademik, dimana tolak ukurnya adalah indeks prestasi. Penelitian ini bertujuan melihat hubungan antara intensitas bimbingan dengan prestasi akademik mahasiswa. penelitian dilakukan dengan memberikan angket kepada mahasiswa STAI darul kamal yang dijadikan sampel. sampel dipilih dengan teknik random sampling dan diapatkan 30 mahasiswa sebagai sempel penelitian. analisis data hasil penelitian dilakukan dengan uji korelasi. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas bimbingan akademik pada mahasiswa dengan nilai IPK.