Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepemimpinan Pemerintah Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kepemimpinan pemerintah desa terhadap kepuasan masyarakat. Studi ini dilakukan di desa Didiri Kecamatan Pamona Timur Kabupaten Poso pada bulan Juli sampai Agustus 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sejumlah 115 kepala keluarga. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan rumus Yamane dan standar eror 5% maka diperoleh sampel sebanyak 92 kepala keluarga jumlah perolehan sampel sebanyak 92 kepala keluarga. Data penelitian diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada 92 responden. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan sahih dengan menunjukkan hasil uji valid diamana rata r hitung lebih besar dari r table (0,2050) dan reliabel untuk masing-masing instrument dilihat dari nilai alpha yang lebih besar dari 0,60. Analisis data menggunakan teknik statistik inferensial nonparametris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kepemimpinan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Secara simultan kualitas pelayanan dan kepemimpinan juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat.