Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Path Goal Theory Terhadap Perkembangan Karir Tenaga Pendidik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab ada atau tidaknya pengaruh budaya organisasi dan gaya kepemimpinan path goal theory terhadap perkembangan karir tenaga pendidik pada lingkungan Kantor Dinas Pendidikan Lombok Tengah. Penelitian ini terdiri atas tiga variabel yaitu budaya organisasi (X1), gaya kepemimpinan path goal theory (X2) sebagai variabel bebas dan perkembangan karir tenaga pendidik sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 110 guru dengan jumlah sampe l84 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen yang sudah di uji validitas dan reliabilitasnya. Data yang telah terkumpul kemudian diuji menggunakan uji prasyarat yaitu normalitas, linieritas dan multikolonieritas. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji F dan uji T yang di analisis menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). secara parsial budaya organisasi memiliki pengaruh terhadap perkembangan karir tenaga pendidik pada lingkungan Kantor Dinas Pendidikan Lombok Tengah. (2) gaya kepemimpinan path goal theory memiliki pengaruh terhadap perkembangan karir tenaga pendidik pada lingkungan Kantor Dinas Pendidikan Lombok Tengah. Sedangkan secara simultan budaya organisasi dan gaya kepemimpinan path goal theory memiliki pengaruh terhadap perkembangan karir tenaga pendidik pada lingkungan Kantor Dinas Pendidikan Lombok Tengah