Manajemen Wakil Kepala Sekolah Madrasah Bidang Kesiswaan di MTS Nurul Huda KM.5 Nusantara Jaya Kecamatan Keritang

Abstract

Manajemen pada lembaga pendidikan merupakan suatu proses pengelolaan lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, dan untuk mengetahui apa faktor-faktor pendukung dan penghambat manajemen wakil kepala madrasah bidang kesiswaan. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif, adapun informan kunci dalam penelitian ini adalah wakil kepala madrasah bidang kesiswaan. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Hasil penelitian ini yang meliputi Planning sudah Baik karena sudah melakukan prosedur sebagaimana mestinya. Organizing dalam pelaksanaanya sudah baik karena pihak sekolah selalu melibatkan kepala madarasah, majlis guru, pembina, serta siswa dan siswi. Actuating yang dilakukan sudah cukup baik karena sudah mengikuti perencanaan yang sama-sama sudah direncanakan walaupaun ketika dalam pelaksanaan masih ada kendala yang terjadi di lapangan. Controlling yang cukup baik karena mereka melakukannya dengan langsung ikut serta terlibat dan juga langsung terjun kelapangan, walaupun masih ada guru atau pembina yang tidak ikut serta dalam pengawasan dalam kegiatan tersebut. Evaluation yang dilakukan dengan mengadakan rapat evaluasi yang diselenggarakan saat akhir kegiatan untuk mengetahui apa saja kekurangan atau kendala saat melaksanakan kegiatan tersebut. Untuk faktor pendukung ada tiga yaitu; Banyak dukungan dari para mejelis guru, Kerja keras dan dukungan dari kepala madrasah, dan kreatif serta inovatif yang dimiliki kesiswaan. Sedangkan faktor penghambatnya ada empat yaitu; Kurangnya koordinasi dan komunikasi, Sarana dan prasarana yang belum lengkap, Kondisi halaman madrasah yang sering banjir, 4) Kondisi ruangan yang masih dalam perbaikan, dan Waktu pelaksanaan tidak maksimal.