Analisis Lingkungan Eksternal Lembaga Pendidikan Agama Islam

Abstract

Lingkungan eksternal memiliki peranan penting dalam keberlangsungan suatu lembaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan lingkungan eksternal lembaga pendidikan agama islam. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan, yakni penelitian yang dilakukan dengan tanpa lokasi penelitian, dimana seluruh data diambil melalui kajian terdahulu berupa buku dan artikel ilmiah yang relevan dengan tema penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, dengan teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa lingkungan eksternal lembaga pendidikan islam adalah lingkungan yang berada diluar yang mempunyai potensi untuk mempengaruhi organisasi. Urgensi analisis lingkungan adalah untuk memantau, memahami dan menelusuri berbagai kecenderungan dalam lingkungan organsiasi. Proses analisis lingkungan eksternal pertama identifikasi kelemahan ancaman, kedua identifikasi kekuatandan peluang, ketiga lakukan analisis lanjutan setelah diketahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, keempat rumuskan strategi-strategi yang direkomendasikan, kelima tentukan prioritas penanganan kelemahan dan ancaman