Implementasi Manajemen Strategik Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Lembaga Pendidikan Islam

Abstract

Kualitas pendidikan sangat penting untuk diperhatikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi manajemen strategik berbasis sekolah dalam meningkatkan kualitas lembaga pendidikan islam. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen berbasis sekolah strategik merupakan sebuah pendekatan yang sangat baik dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan, manajemen berbasis sekolah strategik mengandung dua unsur pokok yakni manajemen berbasis sekolah strategik terdiri dari tiga macam proses manajemen berbasis sekolah yaitu pembuatan strategi, penerapan strategi, dan evaluasi atau kontrol terhadap strategi. dan manajemen berbasis sekolah strategik memfokuskan pada penyatuan atau penggabungan aspek-aspek pemasaran, riset dan pengembangan, keuangan dan operasional suatu unit sekolah. Hal ini jika dipahami dan dilaksanakan dengan baik akan berpengaruh positif pada perbaikan kualitas pendidikan