Argumen Pengembangan Kebijakan Pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan islam merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan ilmuan-ilmuan islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan argumen kebijakan pendidikan islam. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan, yakni penelitian yang dilakukan dengan tanpa lokasi penelitian, dimana seluruh data diambil melalui kajian terdahulu berupa buku dan artikel ilmiah yang relevan dengan tema penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, dengan teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat dideskripsikan pertama,  peningkatan infrastruktur pendidikan sangat penting untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan menarik bagi siswa. dan pelatihan dan pengembangan berkelanjutan bagi tenaga pendidik menjadi kunci untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengikuti perkembangan terbaru dalam pendidikan. Kedua, program pemberdayaan guru melalui fasilitas kesejahteraan dan pelatihan lanjutan dapat meningkatkan motivasi dan kinerja guru, serta memperkuat peran mereka dalam proses pendidikan. dan evaluasi dan penyempurnaan kurikulum secara berkala diperlukan untuk memastikan relevansi dengan perkembangan zaman dan kebutuhan siswa. Ketiga, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan kebijakan pendidikan dapat membawa dukungan finansial dan moral yang signifikan.