Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru

Abstract

Kepala madrasah memiliki peran penting dalam kemajuan lembaga pendidikan islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran, faktor penghambat dan faktor pendukung dan upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan profesional guru Pendidikan Agama Islam. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru Pendidikan Agama Islam dijadikan sebagai informan tambahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala madrasah dalam meningkatkan profesional guru Pendidikan Agama Islam yaitu menjalin hubungan yang harmonis antara kepala sekolah dengan guru, saling terbuka terhadap sesama guru, memberikan kesempatan mengembangkan profesi kepada guru melalui pelatihan, saling terbuka dan memberikan kritik maupun saran, meningkatkan kemampuan dengan pendidikan dan pelatihan, menetapkan dan merancang materi, media dan metode, mengembangkan instrumen yang digunakan, mengevaluasi guru agar tetap semangat, dan melakukan rapat bersama guru. Upaya yang dilakukan kepala madrasah profesional guru Pendidikan Agama Islam yaitu memfasilitasi dan mendorong agar para guru dapat terus menerus meningkatkan kompetensinya, memberikan kesempatan yang luas kepada para guru untuk dapat mengembangkan potensi melalui berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan, mengalokasikan anggaran mengajar guru, kepala madrasah melakukan komunikasi yang baik kepada tenaga kependidikan, menjalankan sikap disiplin, memberikan berbagai penghargaan kepada guru secara efektif, dan memberikan dorongan kepada guru untuk giat dalam bekerja.