Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Dekadensi Moral Siswa di SMAN 9 Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi

Abstract

Guru merupakan sosok penting bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran guru PAI dalam mengatasi dekadensi moral siswa di SMAN 9 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang diartikan sebagai jenis penelitian yang mempelajari fenomena-fenomena di lingkungan alamnya. Setelah dilakukan observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap peran guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi dekadensi moral siswa di SMAN 9 Tanjung Timur. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PAI di SMAN 9 Tanjung Timur adalah sebagai teladan, pembimbing dan motivator. Faktor penyebab terjadinya dekadensi moral peserta didik adalah faktor internal (dari dalam diri, kurangnya kemampuan beradaptasi dan lemahnya pemahaman ilmu agama) dan faktor eksternal (lingkungan dan teknologi). Selanjutnya upaya yang dilakukan oleh guru PAI adalah dengan upaya: a) Preventif berupa kerjasama antara guru, orang tua, siswa dan masyarakat b) Represif berupa upaya preventif berupa sanksi bagi siswa yang melanggar c) Kuratif berupa upaya pembinaan peserta didik. Kendala yang dihadapi guru PAI dalam mengatasi dekadensi moral adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa, faktor lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.