Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi)

Abstract

Strategi merupakan cara-cara dalam mencapai tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi lembaga pendidikan islam dalam menghadapi standar operasional pendidikan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yakni observasi dan dokumentasi, dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi lembaga pendidikan Islam adalah rencana jangka panjang organisas yang menyelenggarakan pendidikan Islam, yang mempunyai struktur yang jelas dan bertanggung jawab atas terlaksananya pendidikan Islam. analisis strategi yang bisa dilakukan di lembaga pendidikan islam yaitu dengan cara analisis lingkungan eksternal dan internal. implementasi manajemen strategi meliputi penerapan manajemen strategik meliputi penerapan manajemen strategik di lingkungan organisasi pemerintah indonesia tidak terlepas dari berbagai faktor yang melatar belakanginya, tantangan dalam implementasi manajemen strategik, problem dalam implementasi strategi faktor penentu keberhasilan strategi. manajemen strategi dalam persaingan terdiri atas kepemimpinan harga (cost leadership), diferensiasi (differentiation), dan strategi fokus (strategy focus). standar operasional prosedur (pendidikan islam) memiliki tujuh hal pokok yaitu memberi penjelasan yang mendetail mengenai seluruh kegiatan pada proses menjalankan organisasi, standarisasi terhadap keseluruhan kegiatan yang dilakukan oleh organisasi, standar operasional prosedur membuat syarat dan ketentuan dalam organisasi menjadi lebih sederhana, mempersingkat waktu pelatihan akibat standarisasi kerja, membantu menganalisa kegiatan yang sudah dilakukan dan dapat memberikan feedback untuk pengembangan standar operasional prosedur ke depan, meningkatkan konsistensi kegiatan meningkatkan komunikasi antara pihak yang berkaitan