PERAN TRIPUSAT PENDIDIKAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL ULAMA’ KABUPATEN TULUNGAGUNG

Abstract

Pada hakikatnya tujuan pendidikan Nasional tidak boleh melupakan landasan konsepsual filosofi pendidikan yang membebaskan dan mampu menyiapkan generasi masa depan untuk dapat survive dan berhasil menghadapi  tantangan diwaktu  yang akan datang . Seharusnya pendidikan harus berdampak pada watak manusia. Karakter  yang budi luhur bukanlah bawaan sejak lahir secara natural juga tidak dapat diwariskan, melainkan harus di bentuk secara sadar dengan proses yang sangat panjang, salah satu proses itu dapat dipengaruhi oleh tripusat pendidikan yakni, dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertempat di MI Nahdlatul Ulama’ Sumbergempol Tulungagung. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara , observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data dan menarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama , anak akan meniru segala perilaku lingkungan keluaraga, karena itu peran keluarga menjadi peran penting dalam membentu karakter siswa, lingkungn sekolah menjadi faktor kedua , lingkungan sekolah memberi pengaruh besar pridadi anak karena anak banyak menghabiskan waktu di lingkungan sekolah, faktor ketiga di penelitian ini adalah lingkungan masyarakat karena masyarakat adalah tempat anak hidup dan bergaul.