Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Digital pada Pendidikan Dasar Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Teknologi Informasi dan Digital di MI Islam Tonoboyo Magelang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan wawancara terhadap kepala sekolah, para guru, dan para murid. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa pemanfaatan Teknologi Informasi dan Digital dan sistem aplikasi masih relatif terbatas, pimpinan memiliki komitmen yang kuat dalam memanfaatkan Teknologi Informasi dan Digital di MI Islam Tonoboyo Magelang. Keterbatasan dengan mengoptimalkan produk Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dimiliki masing-masing guru dan siswa. Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi, pembelajaran agama menjadi dinamis dan menarik, media dan konten lebih beragam (teks, gambar, audio, video, animasi, dan simulasi), waktu dan tempat belajar lebih fleksibel, serta para siswa dilatih membuat konten untuk berbagi melalui internet. Begitu pula pemanfaatan Teknologi Informasi dan Digital dapat menggerakan kembali budaya dan kearifan lokal. Studi ini disimpulkan bahwa walaupun secara pemanfaatan relatif terbatas namun kebijakan dan komitmen kepala sekolah sangat kuat sehingga pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat optimal.