Daily Report : Sebagai Evaluasi Kedisiplinan Siswa Kelas III MI Hidayatun Najah Tuban

Abstract

Kedisilinan merupakan salah satu proses pembentukan perilaku siswa. Kedisiplinan merupakan salah satu hal penting yang berpengaruh dalam pembelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan peran guru dan orang tua sebagai contoh dalam meningkatkan kedisiplinan anak. Daily report merupakan suatu program yang berisi kegatan-kegiatan yang bertujuan untuk mendisiplinkan siswa dengan cara siswa melakukan kegiatan secara terus menerus dan sistematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi mengenai desain, pelaksanaan, keberhasilan, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan dari program daily report siswa kelas 3B di MI Hidayatun Najah Tuban. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu dengan memberikan gambaran secara langsung mengenai fakta-fakta yang berkaitan dengan desain, pelaksanaan kolaborasi antara guru dengan orang tua siswa, keberhasilan dan faktor pendukung serta penghambat proses pelaksanaan program daily report untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data bahwa implementasi daily report dengan cara mengisi buku yang berisi item-item yang harus dikerjakan oleh siswa dalam satu hari, dan sebagian diisi oleh orang tua dan Sebagian lagi diisi oleh guru. Ketika di rumah orang tua mengisi kegiatan yang harus di lakukan pada saat di rumah, dan ketika berada di sekolah guru yang mengisi kegiatan yang ada di sekolah pada buku penghubung siswa. Untuk mengisi buku penghubung dengan cara memasukkan angka 1 untuk item yang dikerjakan dan mengisi angka 0 untuk yang tidak dikerjakan oleh siswa, serta ketika siswa tidak sholih. Daily report ini dapat membentuk kebiasaan baik siswa karena secara tidak langsung siswa dipaksa untuk mengerjakan sesuatu yang positif secara terus menerus. Dari kebiasaan-kebiasaan positif tersebut maka terbentuklah kedisiplinan siswa.