Implementasi Total Quality Management (TQM) Pendidikan Dalam Tantangan Globalisasi Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL)
Abstract
Pendidikan yang berkualitas menjadi dasar pengembangan dan kemajuan pada era globalisasi. Oleh karenanya perlu diterapkannya paradigma baru berupa peningkatan kualitas pendidikan yang harus dikelola dan diselenggarakan oleh pihak pendidikan sebagai respon kebijakan pemerintah dan keinginan masyarakat. Dalam menjalankan fungsi manajemen dalam setiap lembaga pendidikan tidak terkecuali di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) perlu adanya Implementasi Total Quality Management (TQM) sebagai usaha dalam peningkatan kualitas pendidikan dimasa mendatang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi Total Quality Management (TQM) di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) Malaysia di era globalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat eksplanatori yaitu penjelasan terhadap topik implementasu Total Qualiti Management (TQM), Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tidak langsung, wawancara, dan studi literatur. Hasil dan pembahasan penelitian ini yaitu menggunakan analisa data kualitatif yang dianalisa dengan metode Deskriptif. Hasil penelitian terhadap implementasi menunjukan bahwa terdapat ada 5 langkah yang dilakukan SIKL Malaysia dalam mengimplementasikan TQM diantaranya : 1) perbaikan secara terus menerus (continous improvement); 2) menentukan Standar Mutu, (Quality assurance); 3) perubahan kultur (change of culture); 4) perubahan organisasi (upsidedown-organization); dan 5) mempertahankan hubungan dengan pelanggan (keeping close to the customer). Kata Kunci; Total Quality Management (TQM), Pendidikan, Globalisasi, SIKL