Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning Di Era New Normal Terhadap Hasil Belajar Tematik
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan E-LKPD dengan metode pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar Tematik. Pandemi covid 19 yang tersebar di Indonesia membawa dampak perubahan bagi aspek kehidupan masyarakat salah satunya dunia pendidikan. Pada masa pandemi keberhasilan pendidikan tentunya menjadi tantangan berat bagi para pendidik, hal itu dikarenakan terjadinya pergeseran sistem pendidikan yang awalnya tatap muka menjadi daring dengan memanfaatkan kemajuan teknologi sehingga proses pembelajaran dapat diakses dengan mudah melalui jaringan internet. Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif yang dilaksanakan pada semester genap tahun 2019/2020 dengan desain penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas III di MI Pembangunan Lamongan yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas III A yang terdiri dari 20 siswa, dan kelas III B dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan Teknik Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam peimbelajaran tematik. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai Sig 2 tailed yang menunjukkan data 0,000 < 0,0005 sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan E-LKPD pada pembeljaran tematik dinilai efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar E-LKPD berbasis Problem Based Learning dengan pembelajaran yang menerapkan buku tematik sebagai bahan ajar terhadap hasil belajar siswa.