Penerapan Model Pembelajaran Mind Map Berbasis Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas III

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik;  dan (2) meningkatkan minat belajar peserta didik kelas III SDN Banjarejo Kota Madiun. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas III SDN Banjarejo tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah peserta didik sebanyak 26 anak. Tindakan dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran mind map berbasis media audiovisual dalam mata pelajaran IPA. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Persentase ketuntasan klasikal peserta didik yang dinyatakan lulus KKM pada hasil belajar IPA pra siklus sebesar 42,31%, meningkat pada siklus I menjadi 61,54% dan meningkat pada siklus II mencapai persentase 84,62%. Persentase ketuntasan klasikal minat belajar peserta didik pada pra siklus sebesar 30,77% meningkat pada siklus I mencapai persentase 73,08% dan meningkat pada siklus II yang menyatakan 92,31% peserta didik telah berminat dalam pembelajaran. Model pembelajaran mind map berbasis media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas III SDN Banjarejo Kota Madiun.