Pengembangan Buku Ajar Berbasis QR Code Materi Akhlak Terpuji dalam Meningkatkan Sikap Sosial Siswa
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu aspek utama dalam membentuk karakter siswa. Beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan karakter siswa yakni percepatan teknologi dan dampak pemberlakuan pembelajaran daring pada masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar sebagai sumber belajar yang memanfaatkan perkembangan teknologi sesuai sistem pembelajaran abad 21 dimana pembelajaran berpusat pada siswa. Adapun materi disesuaikan dengan pembelajaran yang memuat nilai-nilai dalam mengembangkan sikap sosial siswa yakni materi akhlak terpuji. Penelitian ini menggunakan metode penelitian RnD dengan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Sivasailam Thiagarajan, Dorothy. S. Semmel, dan Melvyn. I. Semmel. Hasil penelitian pengembangan ini adalah: 1) Produk yang dihasilkan berupa buku ajar berbasis QR Code materi akhlak terpuji kelas 2 yang memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata kriteria 91%; hasil validasi ahli materi 94%; hasil validasi ahli desain 82%; dan hasil validasi ahli pembelajaran 97%. 2) Hasil uji coba kemenarikan memperoleh rata-rata 98%. 3) dan hasil uji t dalam menentukan keefektifan buku ajar dalam meningkatkan sikap sosial siswa dengan memperoleh hasil t hitung > t tabel (4,163332 > 2,16) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat perkembangan sikap sosial siswa setelah menggunakan buku ajar berbasis QR Code materi akhlak terpuji kelas 2.