Problematika Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital

Abstract

Media pembelajaran merupakan bagian yang sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran di sekolah. Dengan adanya media pembelajaran mampu memperkuat pemahaman siswa terhadap pembelajaran. Namun, ada beberapa kendala yang sering terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan penggunaan media pembelajaran berbasis digital di MIN 3 Jombang dan menganalisis permasalahan guru kelas V dalam menggunakan media pembelajaran berbasis digital di MIN 3 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, asistan kurikulum, guru kelas V, dan siswa kelas V. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa : (1) MIN 3 Jombang sudah menerapkan media pembelajaran berbasis digital dalam proses pembelajarannya namun belum maksimal, karena ditemukan beberapa kendala yang menyertainya dan tidak semua media pembelajaran digital digunakan hanya beberapa saja. , seperti penggunaan video dan youtube. (2) faktor internal yaitu guru belum bisa mengoperasikan media digital dan kesulitan memahami media digital. Faktor eksternal yaitu faktor keberuntungan fasilitas yang memadai, dan tidak semua orang tua menerima penggunaan teknologi.