Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar bangun ruang siswa kelas V SD Muhammadiyah Jonggol, serta mengetahui model pendekatan yang sudah diterapkan guru dapat meningkatkan hasil belajar bangun ruang balok dan kubus siswa kelas V SD Muhammadiyah Jonggol. Populasi dalam peelitian ini adalah siswa SD Muhamadiyah Jonggol dengan sample diambil secara acak menggunakan satu kelas eksperimen yaitu kelas V sehingga tidak ada kelas kontrol. Instrumen yang diginakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah tes pilihan ganda materi bangun ruang balok dan kubus. Analisis data menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Grup Tunggal Pretest-Posttest. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Terdapat pengaruh antara pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terkait hasil belajar materi bangun ruang balok dan kubus siswa kelas V SD Muhammadiyah Jonggol; (2) Terdapat  peningkatan hasil belajar materi bangun ruang balok dan kubus siswa kelas V SD Muhammadiyah Jonggol.