Implementasi Program Tahfidz Al Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program tahfidz Al Qur’an dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-qur’an di SDIQu Al Bahjah 03 tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasi Experimental dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Konsep program tahfidz Al-Qur’an di SDIQu Al-Bahjah 03 Karangrejo Tulungagung yaitu program tahfidz Al-Qur’an memiliki tujuan mewujudkan visi misi sekolah yaitu mencetak generasi Qur’ani yang cerdas berintelektual, kebanggaan orang tua dan berakhlakul karimah, pembelajaran berbasis metode tashili yang terintegrasi dalam kurikulum muatan lokal. Metode tashili adalah metode yang mempelajari Al-Qur’an dengan mudah, cepat, dan benar dengan ciri khas sistematika huruf hijaiyah dikelompokkan berdasarkan makhraj dan irama bacaan menggunakan nahawan dengan diayun. Target hafalan minimal 1 juz maksimal 10 juz dengan baik dan benar dalam masa 6 tahun belajar di SDIQu