Strategi Pengembangan Pasar Digital dalam Mendukung Industri Fashion Halal Di Indonesia

Abstract

Pasar digital di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Perkembangan tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia yang bermayoritas memeluk agama islam. Menerapkan pola hidup halal adalah hak setiap muslim dalam melakukan jual beli. Pasar digital menyesuaikan dengan pola hidup masyarakat Indonesia, dengan cara menghadirkan fitur halal. Namun industri halal di Indonesia memiliki perbedaan perkembangan antar sektor, hal ini membuat penulis tertarik untuk mengangkat penelitian terkait perkembangan industri fashion halal yang cukup berkembang dibanding sektor lainnya. Dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui strategi pengembangan pasar seperti apa yang tepat dalam mendukung industri fashion  halal di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pasar. Analisis dilihat dari matrik IFE dan EFE yang diperoleh dari informan yang merupakan penjual produk fashion halal di pasar digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi agresif adalah staregi yang tepat dalam mendukung fashion halal untuk terus memaksimalkan kekuatan serta peluang yang ada. Dengan banyaknya jumlah masyarakat muslim di Indonesia, maka pasar digital dapat memanfaatkan teknologi yang berkembang sehingga halal e-commerce dapat menjadi upaya dalam mendorong pengembangan industri fashion halal di Indonesia.