Pengaruh Intensitas Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di SMAN 1 Padang

Abstract

Salah satu upaya menjaga kemurnian Al-Qur’an adalah dengan menghafalnya. Akan tetapi minat anak-anak zaman sekarang untuk membaca Al-Qur’an tergolong rendah dan hanya 34% anak yang tertarik dan serius untuk menghafal Al-Qur’an. Padahal menghafal ayat-ayat Al-Qur’an sendiri memiliki peran dalam upaya meningkatkan kecerdasan spiritual yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu fokus penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh intensitas menghafal Al-Qur’an peserta didik terhadap kecerdasan spiritualnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara intensitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional peserta didik di SMAN 1 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengolahan data menggunakan analisis regresi sederhana. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Padang tahun ajaran 2023/2024. Jumlah populasi sebanyak 430 dan sampel sebanyak 204 dengan teknik pengumpulan data berupa angket, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan memperoleh hasil kesimpulan bahwa intensitas menghafal Al-Qur’an berpengaruh positif terhadap kecerdasan spiritual. Maka dengan demikian Ha diterima dan H0 di tolak.