Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Penajam Paser Utara dengan Menggunakan Metode Naratif Eksperiensial dalam Pelajaran Agama Katolik pada Materi Gereja sebagai Persekutuan

Abstract

Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat belajar siswa Kelas VIII SMPN 7 Penajam Paser Utara dalam mata pelajaran Agama Katolik, materi Gereja Sebagai Persekutuan, dengan menggunakan metode naratif eksperiensial. Subjek dari kajian ini adalah siswa Katolik yang terdiri dari 6 siswi dan 2 siswa. Objeknya adalah minat belajar siswa. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan signifikan dalam minat belajar siswa dalam mata pelajaran Agama Katolik, materi pelajaran Gereja Sebagai Persekutuan, dengan menggunakan metode naratif eksperiensial. Hal ini bisa dilihat dari persentase peningkatan minat belajar siswa dari 78% pada Siklus I yang menjadi 93% pada Siklus II. Ditunjang lagi dengan peningkatan hasil belajar siswa dari 50% pada Siklus I yang meningkat menjadi 100% pada Siklus II.