Implementasi Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Pada Kurikulum 2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penilaian sikap spiritual dan sikap sosial yang dilakukan oleh guru bidang studi Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di SDN 014 Barong Tongkok Kampung Juaq Asa, yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, tindak lanjut, dan pengolahan implementasi penilaian sikap spiritual dan sikap sosial. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat pengaruh implementasi penilaian sikap spiritual dan sikap sosial terhadap sikap siswa-siswi yang mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti. Berdasarkan hasil penelitian, Guru Agama Katolik telah melaksanakan implementasi penilaian sikap spiritual dan sikap sosial meskipun masih ditemukan beberapa kekurangan pada teknik penilaian. Implementasi penilaian sikap spiritual dan sikap sosial tersebut juga memberikan pengaruh terhadap sikap siswa-siswi yang mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti.