Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak dalam Mengikuti Kegiatan Temu Minggu Menggunakan Metode Bermain Peran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peningkatan minat anak-anak usia sekolah dasar dalam mengikuti kegiatan temu minggu di Stasi Santo Matius, Paroki Santo Yosef Bontang. Jumlah Anak-Anak tersebut pada waktu pengadaan penelitian adalah 13 orang. Pendekatan kajian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode bermain peran yang dilakukan dalam 3 siklus kegiatan. minat anak-anak dilihat dari 4 indikator yakni: 1) perasaan senang; 2) ketertarikan; 3) Perhatian; dan 4) Keterlibatan. Di samping minat juga diperhatikan perubahan tingkah laku dan sikap anak-anak, dilihat dari 3 indikator pokok yakni: 1) keberanian untuk tampil; 2) kemampuan berkomunikasi; dan 3) kemampuan untuk mengungkapkan pendapat. hasil kajian ini menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan minat anak-anak mengikuti kegiatan temu minggu. Peningkatan minat ini disertai juga dengan perubahan tingkah laku dan sikap anak-anak peserta kegiatan temu minggu. oleh karena itu, kegiatan temu minggu bagi anak-anak di stasi perlu diadakan secara teratur dan rutin. Untuk maksud tersebut maka tenaga-tenaga pendamping untuk memberikan pembinaan kepada anak-anak temu minggu di stasi perlu menjadi perhatian serius dewan stasi.