Meningkatkan Keaktifan Belajar Anak dalam Kegiatan Temu Minggu Menerapkan Metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi)

Abstract

Tulisan ini menggambarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) yang penulis laksanakan untuk mengetahui keaktifan dan aktivitas anak-anak misioner dalam mengikuti kegiatan temu minggu, dengan menerapkan metode BCM (Bermain, Cerita dan Menyanyi). Subjek penelitian adalah anak-anak misioner usia sekolah dasar yang berjumlah 20 orang. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus tindakan dengan materi ajar: 1) Kehadiran Yesus Memberi Semangat Baru untuk Siklus Tindakan I; 2) Yesus Gembala yang Baik untuk Siklus Tindakan II; dan 3) Menjadi Murid Yesus untuk Siklus Tindakan III. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan anak-anak yang mengikuti kegiatan temu minggu mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari penurunan persentase jumlah anak-anak yang memperoleh skor keaktifan kategori: kurang aktif, dan kenaikan persentase jumlah anak-anak yang memperoleh skor keaktifan kategori: cukup aktif, aktif dan sangat aktif. Aktivitas anak-anak yang mengikuti kegiatan temu minggu tersebut juga mengalami peningkatan, dengan adanya peningkatan rata-rata skor per indikator aktivitas pada siklus tindakan II dan siklus tindakan III, dibanding dengan rata-rata skor mereka pada siklus tindakan I.