Resensi: Memahami Pemikiran Jean Piaget

Abstract

Nama Jean Piaget pasti dikenal oleh orang yang pernah belajar fisafat dan psikologi, karena dia merupakan salah satu psikolog terbesar abad ini. Sumbangan pemikirannya yang revolusioner untuk perkembangan psikologi, ilmu pendidikan dan sejenisnya membuat Jean Piaget disejajarkan dengan tokoh besar seperti Sigmund Freud. Bahkan dalam konteks psikologi anak, Jean Piaget tidak tertandingi oleh psikolog lainnya karena kelengkapan dan kekayaan data empiris yang mendasari teori perkembangan anak. Jean Piaget juga tercatat sebagai pencipta epistemologi baru berkaitan dengan seluruh ilmu manusia, dan tidak hanya sebagai cabang ilmu filsafat. Buku ini ditulis secara khusus bagi siapa saja yang berminat dalam mendalami pemikiran Jean Piaget. Ada suatu persoalan besar yang dipertanyakan Jean Piaget tentang bagaimana hubungan intrisik antara tindakan dan pikiran. Pertanyaan ini menjadi persoalan esensial dalam upaya pengembangan diri ke arah manusia seutuhnya. Jean Piaget merupakan tokoh psikologi humanis yang memprioritaskan “tindakan” daripada “pikiran”, karena menurut beliau “tindakan” yang membentuk perkembangan “pikiran”. Saya memahami buku ini merangsang upaya seseorang sebagai pendidik untuk mendudukkan kembali fungsi “tindakan” dan “pikiran” dalam kesatuan fungsional yang serasi. Konsep berpikir yang bersifat dikotomis antara “tindakan dan pikiran” sedapat mungkin dihindari, karena tindakan dan pikiran adalah eksistensi manusia sebagai pribadi yang utuh yang tidak bisa dipahami secara parsial. Maka perlu dikembangkan pola pikir yang holistik sehingga lebih mudah memahami pribadi manusia seutuhnya.